Garuda harus petik kemenangan

agen bola – Persiapan panjang yang dilakukan tim nasional Indonesia akan diuji hari ini. Tim Garuda bakal menjalani peruntungan ketika menghadapi Laos di penyisihan pertama Grup B Piala AFF di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia.

Melihat persiapan yang telah dilakukan Elie Aiboy dkk,tim Garudasejatinya bisa memetik kemenangan pembuka atas Laos. Prediksi itu mungkin dapat terwujud, apalagi Indonesia mendapat hasil memuaskan dalam lima uji coba terakhir sebelum bertolak ke negeri jiran. Selain itu,faktor keunggulan tim Garuda dari segi pertemuan dengan Laos membuat Elie dkk diprediksi bisa meraih kemenangan pada pertandingan tersebut.

Ya,dari lima pertemuan dengan Laos,tim Garudatak sekali pun terkalahkan.Indonesia bahkan kerap menuai skor besar selama pertemuan dengan Laos.Terakhir,Indonesia mengecundangi Negeri Pagoda itu dengan skor 6-0 di babak penyisihan Grup A Piala AFF 2010. Semua keuntungan itu tentu menjadi nilai positif bagi Indonesia mendapatkan tiga poin di laga tersebut.

Namun,Pelatih Timnas Indonesia Nilmaizar tak ingin timnya besar kepala menyikapi fakta itu. Pelatih berusia 42 tahun ini justru menginginkan pemainnya tetap menganggap Laos merupakan tim yang patut diwaspadai di Grup B. Nil pantas meminta itu kepada Elie dkk. Sebab,dia tak ingin sikap meremehkan kekuatan lawan bakal menjadi bumerang ketika menjalani laga pembuka.Intinya, Nil berharap pemainnya tetap fokus mencari kemenangan.

Itu perlu demi memudahkan langkah tim Garuda lolos ke semifinal Piala AFF tahun ini.Apalagi, Indonesia akan bertemu Singapura dan tuan rumah Malaysia pada pertandingan berikut. “Menghadapi Laos butuh konsentrasi lebih.Mereka pasti akan memberikan perlawanan untuk meraih kemenangan,”kata Nil, kemarin. Namun,Nil telah mengetahui apa yang harus dilakukan saat timnya berada di lapangan nanti.

Apalagi,pihaknya telah melakukan pemantauan, termasuk mempelajari rekaman pertandingan timnas Laos saat melakukan pertandingan uji coba. Dengan mempelajari rekaman pertandingan itu,Nil telah mengetahui pola permainan calon lawan meski pola tersebut belum tentu diaplikasikan saat berhadapan dengan Indonesia.“Untuk persiapan,saya kira sudah cukup.Kami berharap mampu memberikan yang terbaik,”tandasnya.

Yang jelas,Nil menjamin tim Garuda bakal turun dengan kekuatan penuh saat menghadapi Laos.Nil bahkan siap memaksimalkan strategi 4-4-2 yang telah diasah melalui latihan maupun uji coba.Untuk lini depan,Nil kemungkinan besar akan menurunkan duet Bambang Pamungkas dan Irfan Bachdim.Kedua pemain ini akan ditopang lini kedua,yaitu Andik Vermansyah,Tonnie Cussel,Taufiq,dan Oktovianus Maniani.

Lini belakang akan diisi kuartet Raphael Maitimo,Wahyu Wijiastanto,Nopendi,dan Hamdi Ramdan. Sementara Endra Prasetya masih dipercaya sebagai kiper utama menghadapi Laos. Di kubu lawan,Pelatih Laos Kokichi Kimura mengaku belum mengetahui pasti kekuatan Indonesia.Selama ini pihaknya hanya memantau kekuatan Indonesia dari siaran televisi. “Indonesia adalah tim yang bagus.

Jadi, besok (hari ini),kami akan menghadapi rintangan yang sangat terjal,”kata Kimura. Karena itu,guna menghadapi Indonesia,Kimura telah mempersiapkan diri dengan baik.Dia bahkan menyiapkan beberapa formasi untuk menghadang tekanan dari Elie dkk.“Sebenarnya masih tergantung situasi.Kami kemungkinan akan bermain dengan 4-5-1 atau bisa saja 4-1-4-1,”kata mantan pelatih klub J-League,Yokohama F Marinos,itu. – sbobet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s