Hillsborough mengungkap dusta 23 tahun silam

agen bola terpercaya – Dokumen setebal 400 halaman dirilis oleh sebuah panel independen, Rabu (12/9/2012) pagi waktu Inggris. Selama dua tahun dokumen itu disusun dari sekitar 400.000 bukti yang mengungkapkan fakta atas kematian puluhan suporter sepak bola pada 23 tahun lalu.

Berdasarkan laporan dari Hillsborough Independent Panel yang berintikan dalam 394 halaman mengungkapkan fakta bahwa polisi dan politisi berusaha menyalahkan fans menyusul tragedi 15 April 1989. Pada saat itu, 96 suporter yang terhimpit hingga akhirnya meninggal dunia di sebuah tribun Leppings Lane, Stadion Hillsborough, markas Sheffield Wednesday. Tragedi tersebut jelang semifinal Piala FA antara Liverpool kontra Nottingham Forest.

Berikut adalah inti dari hasil laporan panel independen tersebut :

• Kepada wakil politisi Konservatif, Irvine Patnick, Polisi South Yorkshire memberikan informasi yang salah yang pada saat itu menjadi narasumber koran The Sun dalam tulisannya yang bertajuk “The Truth”. Tulisan itu berisi tuduhan yang salah terhadap perilaku fans “The Reds” sebelum, selama, dan setelah musibah tersebut.

• Sebanyak 164 pernyataan dari polisi yang hadir saat kejadian itu mengatakan para supporter yang salah.

• Sebanyak 116 pernyataan polisi tersebut yang berisi “komentar negatif” dihilangkan.

• Tes kadar alkohol dilakukan kepada 96 korban tewas dan saat tes membuktikan kemudian hasilnya pun diacuhkan, lalu langsung beralih kepada catatan criminal para korban tersebut.

• Dr. Stefan Popper, yang menangani para korban, juga menyarankan bahwa penyelidikan penyebab meninggalnya suporter tidak lagi perlu untuk dilakukan, karena penyebabnya sudah diketahui. Kecuali, kalau diperintahkan berdasar hukum yang berlaku.

• Sebanyak 31 korban yang masih berfungsi jantung dan paru-parunya hingga pukul 03.15 sore waktu Inggris. Angka tersebut dapat digunakan untuk mengurangi korban tewas sesuai dengan laporan aslinya.

• Laporan selanjutnya adalah mengenai respons dari petugas gawat darurat yang kemudian menyatakan kematian 59 korban lainnya sebenarnya bisa dihindari.

• Seorang petugas senior menuduh bahwa penggemar berada di bawah pengaruh alkohol sehingga berperilaku di luar perikemanusiaan yang kemudian menjadi penyebab terjadinya tragedi itu.

• Kritik terhadap perilaku mereka yang tak sepantasnya dikesampingkan Petugas ambulans South Yorkshire. Kritik yang tak dipedulikan tersebut datang dari tim dokter yang hadir pada saat kejadian.

• Perdana Menter Inggris saat itu, Margaret Thatcher, sepenuhnya peduli terhadap laporan asli yang berisi tentang “kritik yang menghancurkan” citra kepolisian.

• Tidak ada bukti yang substansial yang mengarah kepada perilaku para penggemar berada di bawah pengaruh alkohol atau tingkah agresif dari para fans yang memicu terjadinya tragedi itu. – agen 338a

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s